Chrome Pointer

Senin, 01 Juli 2013

Soft Ban Rules 


PvP SOFT-BAN RULES GUIDE

Hello, disini gw pengen ngejelasin nih segala hal tentang PvP Soft-Ban Rules yang berlaku di Dragon Nest SEA.
Sebenernya yang bikin guide ini namanya AiwaKazu, player DNSea di Forum CherryCredits. Jadi disini gw sama agan rigab di kaskus cuma tranlatein guide dia aja sama tambahin beberapa bagian 
Btw, thread ini tidak memaksa kalian untuk mentaatinya. Tapi agar kalian memilih antara kesenangan yang berkelanjutan atau kejayaan sementara yang akan membuat pemain lain kesal, bosan, lalu pensiun dini.

cekidot guidenya




A. Apa itu PvP Soft-Ban Rules?Intinya adalah suatu kesepakatan dalam PVP khususnya 1 vs 1 untuk TIDAK menggunakan beberapa skill yang IMBA/

B. Kenapa ada yang mau pake peraturan softban buat PvP 1v1?1. Beberapa skill di DN ada yang ga balance

2. Biar PvP lebih seru dan fun
3. Biar PvP lebih menantang

C. Kenapa ada yang ga setuju pake peraturan softban?1. Salah lo sendiri kenapa lo gabisa pinter-pinter baca situasi. Bukannya baca situsasi itu bagian dari PvP? Cari tau cara untuk ngelawan & make strategi tertentu buat counter skill/class yang imba tsb.

2. So What's Your Problem, Dude? Developernya aja udah ngedesain biar class gw punya skill kaya gini. Kenapa lo yang sewot?
3. Ada beberapa skill yang jadi pelindung salah satu job. Kalo skill itu gabisa dipake, job itu jadi ga bisa dipake PvP.
4. Turnamen officialnya aja boleh pake semua skill kok.

Gw coba jelasin argumen buat yang ga setuju sama peraturan softban:

1. Kemampuan membaca situasi/bikin strategiAda batasan dimana lo bisa bikin strategi,misalnya buat ice shield EL, selain nambahin super armor, ice shield juga bisa nge-freeze musuh yang deket2 sama EL, dan kalo udah kena freeze, gabisa pencet2 A-D kayak freeze biasa (gatau ini bug ato emang kayak gitu), dan kalo udah kene freeze ini, kemungkinan besar lo pasti mati. Gausah ngebahas gimana pro EL ngasih INSTANT DEATH buat orang yang udah ke-freeze pake Ice Shield (yang kenanya hoki-hokian).
Jadi poinnya disini, strategi juga ada batasannya, emang sih bisa hit-and-run. Cuma kalo lawannya pro-EL, hit-and-run juga ada batasnya. Acro misalnya, kalo udah ketemu EL dengan Ice Shield, banyak kekurangannya, soalnya acro itu hampir semua skillnya dari jarak deket.
Di sisi lain,EL bisa adaptasi PvP tanpa pake ice shield, contohnya 2Missy2 bisa menang lawan SM (yang biasanya susah dikalahin kalo ga pake ice shield), jadi ada batasan dimana job lain bisa adaptasi buat lawan EL pake ice shield, sedangkan EL bisa menang tanpa menggunakan ice shield.
Terakhir,Ice shield itu diciptakan gara2 developer mikir EL bakal susah jadi DPS kalo PvE, jadi ice shield itu awalnya diciptain untuk PvE (tapi sayangnya developer ga mikir dampak ke PvPnya) karena El gampang banget jatoh kalo PvE. No Ice Shield Cast = Jatoh = Gabisa ngeskill = No DPS. Jadi kira-kira itu alasan kenapa Ice Shield diciptakan.
2. So What's Your Problem, Dude? Developernya aja udah ngedesain biar class gw punya skill kaya gini. Kenapa lo yang sewot?Gw bakal bilang kalo developer dari DN ga bikin balance PvP 1v1. Biasanya ada 2 build buat setiap job,biasanya support/tank ato DPS. Jadinya game ini dibikin buat lebih ngutamain di group PvP(4 orang ato lebih), mungkin ini alasannya turnamen2 yang diadain CherryCredits itu biasanya buat 4 orang ato lebih. Lagian kalo Developernya sendiri nge-softban skill yang mereka bikin sendiri ga mungkin lah, malu2in banget. Poinnya itu game ini didesain buat grup PvP, bukan 1v1, jadi softban itu buat nge-balance supaya PvP 1v1 fair.
3. Ada beberapa skill yang jadi pelindung salah satu job,kalo skill itu gabisa dipake,job itu jadi ga bisa dipake PvPBiasanya keluhan ini dateng dari priest, soalnya nge-softban healing relic & heal itu sama aja nyuruh priest jadi paladin aja, kan skill utamanya priest itu ya heal+healing relic.
Ini alasan kenapa healing relic itu di-softban,soalnya di lvl cap 50,healing relic itu bisa ngeheal 70%HP,tapi kalo buat lvl 40,healing relic ga kena softban.
Jadi kenapa block juga di softban buat priest?,ini dijelasin cara priest menang PvP 1v1:
Musuh nyamperin->pake chain lightning->detonate(2 skill ini bisa ngurangin 20-25% HP) ulangin terus,musuh mati,nah coba kalo heal+block ga di softban,block=dipake pas skil2 diatas lagi cooldown,heal=ya gapapa gw dipukul terus,cuma kalo cooldownnya udah selesai,gw bisa ngeheal, lo ngga.
4. Turnamen officialnya boleh pake semua skill kokAlasannya udah dijelasin di atas,lagian tujuan adanya turnamen itu buat nunjukin game ini,gameplay dan grafik, adi ya wajar aja kalo semua skill boleh. Jadi ngiklan lewat media itu buat narik supaya orang2 ngeliat. Kalo diiklanin ga pake beberapa skill dan ultimate, belom tentu orang2 pada tertarik. Kalo WCG pake peraturan softban, developer bakal diketawain sama orang2, makanya semua skill boleh dipake. Lagian komunitas PvP hardcore itu dikit,gabisa maksa semua orang buat make peraturan softban.

Nah sekarang gw bakal dijelasin kenapa peraturan softban itu dipake:1. Beberapa skill di DN ada yang ga balanceMenyadari kalo ada beberapa skill yang ga balance itu salah satu cara menghormati lawan lo, misalnya lo tau ada skill yang bikin lo diatas angin terhadap job tertentu, ga pake skill itu membuat lo jadi mengakui kalo skill itu mempunyai kelebihan buat job tertentu.

PvP kan harusnya jadi ajang unjuk skill player, misalnya ada El yang pake shield untuk nge-tank damage dari skill lawan, daripada ngehindar, dimana skillnya itu?
2. Biar PvP kebih seru dan funIni kayaknya ga usah dijelasin lagi deh. Gw yakin semua orang yang pernah PvP terus nyari di youtube buat job mereka dan ngeliat ada orang yang bisa make “infinite combo”. Semua job ada infinite combo-nya,bahkan priest.
Dan juga kalo ngelawan EL,biar kita ga ada alasan lagi kalo kalah. Biar kalo kalah ga nyalahin ice shield yang OP (Over Powered),tapi sadar kalo ELnya emang pro dan bisa ngalahin kita tanpa shield.
PvP yang fun dan menyenangkan Cuma bisa dirasamakan kalo pake peraturan softban 1v1 compensation on.
3. Biar PvP lebih menantangBuat gw, PvP itu lebih seru kalo pake peraturan softban, lo ga lagi bergantung pada skill yang bisa ngebuat lo bebas di tengah2 fight, lo bakal sadar kalo skill sesimpel apapun bisa ngebantu lo menang PvP.

Nah sekarang gw coba jelasin skill2 yang dilarang/disoftban dan alasannya:Swordmaster – Parrying StanceParrying Stance lvl 1 efeknya itu ngebuat SM bisa ngeblok damage 100% selama 10 detik,jadi kalo SM tetep pake skill ini,semua damage jadi 0,tapi gabisa dipake pada saat lagi pake skill lain,durasinya bisa ditambah kalo pake skill plate.

Tapi pas make Parrying Stance,SM masih bisa di debuff,jadi masih bisa di freeze dan di time stop,dan pada saat di debuff, SM gabisa nge-parry
Alasan disoftbannya karena ditambah dengan mobilitas SM yang tinggi,skill ini bisa dipake pas nunggu cooldown.
Alasan lain yang ga kalah penting yaitu kalo blocknya priest di ban, Parrying Stance juga harus di ban karena fungsinya sama,yaitu buat nunggu cooldown.

Mercenary – Iron Skin/Howl ChargingIron skin itu ngasih merc status super armor,yang kurang lebih sama kayak shieldnya EL, apalagi merc udah punya super armor yang gede,k alo ditambah skill ini, siap2 dibantai sama merc.

Kalo shieldnya EL di ban, skill ini juga harus di ban juga.
Howl Charging ato Empowering Howl, efeknya sama kayak iron skin, makanya di ban juga, skill ini bikin iron skin, cuma AOE, jadi semua party dapet, ini biasanya dipake buat PvE

Bowmaster- ga adaYang jadi pertanyaan di bowmaster cuma skill arrow tracking, cara kerja skillnya kayak gini:

Skillnya gabisa dipake kecuali tergetnya dijarak tembak, damagenya gede dan bisa bikin lawan jatoh,tapinya skill ini di softban, cuma udah ngga karena efeknya udah dikurangin.
Ada beberapa cara buat ngehindarin skill ini:
Berlindung di tembok,swormaster bisa make aerial combo buat ngehindar skill ini karena punya invincibility frame, priest bisa pake relic buat ngurangin damagenya, el bisa pake blink, bowmaster bisa pake triangle shot

Acrobat – Spirit boost (SB)SB ningkatin aspd dan mspd dari acro dan semua party, dan ngurangin cooldown skill. Acrbat terkenal dengan mobilitasnya yang tinggi dan susahnya ngehit acrobat kalo PvP, apalagi kalo pake SB. Cooldown dari skill ini juga lumayan cepet.

Contoh pemakaian dari skill ini yaitu cyclone kick dan spiral vortex cooldownnya 30 detik, kalo pake SB, 2 skill tadi bisa langsung dipake lagi pas combonya selesai
EL – Ice ShieldEfek dari skillnya udah dijelasin di atas, dan ini bisa di matiin dan dinyalain sesuka hati, jadi wajar di softban. Job lain yang punya skill nambahin super armor juga skillnya di softban.

FU – beyond TimeSkill ini cooldownnya lama banget, dan PvPnya harusnya udah mau selesai pas skill ini bisa dipake, skill ini di softban kalo pertandingannya memakan waktu yang lama, dan menghindari supaya FU gabisa make time stop terus2an.

Time stop ga di softban karena sebenernya ga susah ngehindarin skill ini,coba liat di youtube caranya.

Paladin – Block,Heal,Stance Of Faith(SOF)SOF sama efenya kayak Parrying Stance, dipake buat nunggu cooldown, block juga sama efek dan alasan di softbannya dan pally juga ada skill autoblock dan aerial block, kalo block bisa dipake, paladin bisa pake block/SOF/heal terus2an,makanya di ladder match kalo ngelwan paladin biasanya hasilnya seri.

Heal di softban karena pally punya skill ofensif yang bagus,dan punya defense dan HP yang paling banyak diantara job2 lain.
Priest – HealHeal alasnnya sama kayak pally,combo Chain Lighting+detonate+holy burst.
Ngelawan priest pas PvP itu ngeselin banget soalnya kita bakal kena status kesetrum terus,dan combo kita berhenti setiap 5 detik(kesetrum ngebuat kita berhenti setiap 5 detik)

AND ANY ULTIMATE FROM ALL CLASSES

-------------------------------------------------------


Nah,trit ini ga memaksa supaya lo semua ngikutin aturan softban ini,cuma ngejelasin kenapa ada beberapa orang yang make aturan softban kalo PvP.


Credits to: agan rigab di forum kaskus dan AiwaKazu di forum CherryCredits

Comment dari gue:orang yag main di server indonesia kebanyakan Soft Ban rules itu = no buff jadi kok bego yah gua pake hacking stance (Sword Master) di bilang bocah biar lah gua ikutin apa kata mereka 'Sb woii ngerti ga?' dalem ati 'wah kampug lu main nya server local mulu sih -_-'

sekian :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar